Camat Kendal Tinjau Musrenbangdes.

kendalnews – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) merupakan sarana penampung usulan perencanaan pembangunan yang akan dilakukan pada tahun 2023, dan senantiasa memperhatikan skala prioritas pembangunan yang didukung dengan potensi Desa, sehingga aspirasi yang muncul dari bawah itu benar-benar memberikan manfaat bagi lapisan masyarakat.

Camat Kendal Bapak Sofyan Ahmadi, S.Sos, MM. dalam sambutannya menyampaikan. Sesuai amanat Pemerintah bahwa pembangunan yang direncanakan dan dilaksanakan, bukan melulu masalah pembangunan fisik tetapi juga harus meliputi masalah pemberdayaan masyarakat. Dimana sektor ini menjadi sangat krusial untuk diperhatikan dan diprioritaskan agar masyarakat sedikit demi sedikit, setahap demi setahap mampu memberdayakan dirinya sendiri untuk memenuhi kebutuhan primer (dasar) dan kebutuhan sekunder, sehingga diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat akan semakin naik.

Musrenbangdes tersebut melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan seperti BPD, RT, RW, LPMD, KPMD, PKK, Kader Kesehatan, Karang Taruna, Poktan, Gapoktan, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama, serta pemerintah desa dengan tujuan untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan di wilayah masing-masing untuk tahun selanjutnya. 

Sesuai dengan Surat Camat Kendal Nomor : 900/00.29/404.416/2023 tanggal 01 Februari 2023 tentang Penyampaian Jadwal Penetapan APBDes Tahun 2023 sebagai Berikut :

Hasil dari musrenbang tersebut menghasilkan suatu RKPDes tahun 2023 serta DU-RKP yang nantinya akan dibahas dalam musrenbang tingkat Kecamatan untuk tahun 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *